
Oleh: Ida Nur Aini
Guru Kelas
Teknologi menurut Smaldino dkk (2015) berasal dari bahasa Yunani, Teckne berarti kerajinan dan logia berarti keterampilan. Seperti yang sudah terjadi di era digital sekarang ini teknologi pembelajaran berkembang pesat. Penggunaan teknologi komputer untuk pembelajaran dapat dilakukan di kelas rendah dan di kelas atas. Penerapan penggunaan teknologi untuk kelas rendah dan kelas atas dapat dilakukan di sekolah dengan memanfaatkan teknologi yang ada di sekolah berupa komputer, untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal jumlah komputer yang ada di sekolah disesuaikan dengan jumlah peserta didik yang akan menggunakan sehingga peserta didik dapat praktik secara langsung. Peserta didik kelas rendah dan kelas atas perlu dikenalkan dengan teknologi tujuannya untuk menghadapi perkembangan teknologi sehingga kedepannya peserta didik tidak merasa asing dengan teknologi. Pengenalan teknologi bisa diawali dengan memberikan penjelasan dasar mengenai komputer seperti apa itu komputer, bagaimana cara penggunaannya, manfaatnya apa, belajar praktik menggunakan komputer dari yang paling dasar. Menciptakan suasana baru dalam belajar untuk peserta didik kelas rendah yang belum terbiasa melaksanakan proses belajar menggunakan komputer dapat dilakukan dengan cara memutar video yang berkaitan dengan materi pembelajaran dengan menggunakan komputer.
Peserta didik kelas atas dapat memanfaatkan teknologi komputer untuk belajar mengetik, belajar mengakses internet melalui komputer yang bertujuan untuk membantu pemahaman peserta didik bahwa internet tidak hanya dapat diakses hanya melalui smartphone. Perkembangan teknologi yang pesat momotivasi guru untuk mengolah pembelajaran menjadi pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Hal ini dapat dilakukan dengan banyak hal, salah satunya dengan membuat soal di komputer kemudian peserta didik diminta menjawab dengan menggunakan komputer. Tidak dapat dipungkiri suasana belajar yang berbeda dapat menambah semangat peserta didik dalam belajar.